top of page
  • Writer's pictureBPJS

Mager Olahraga? Coba Dengerin Lagu-Lagu Ini!

Updated: Apr 30, 2020


Salah satu pola hidup sehat selain makan makanan bergizi dan tidur yang cukup ya olahraga lah~ tapi tapi tapiiii rasa malas yang kerap datang menghantui kamu bikin olahraga hanya sebatas niat tanpa realisasi, betul? betuuul~


Menurut Matthew Stork, seorang Doktor di Fakultas Ilmu Kesehatan dan Olahraga, University of British Columbia, mendengarkan musik saat berolahraga dapat membuat orang mengalami perubahan perilaku. Kok bisa? Kata Mas Stork ini, otak kita cenderung melakukan sinkronisasi dengan musik dan berpengaruh ke peningkatan detak jantung kita semua, gitu. Lagu-lagu itu memberikan efek positif buat kita dan bikin nambah semangat serta bahagia!


Nah, agar niat olahraga dapat terrealisasikan tidak sebatas niat maka kamu harus olahraga sambil mendengarkan lagu! Lagu bukan sembarang lagu alias lagu yang nge-beat atau yang temponya (beat per minute) sesuai dengan jenis olahraga kalian ok ok mari kita lihat list nya~


1. Talk Dirty – Jason Derulo ft. 2 Chainz

Lagu ini memiliki tempo 100 BPM yang cocok untuk didengarkan saat peregangan sebelum olahraga dimulai dan kita yakin gak mungkin kepala kalian gak goyang!


2. Say So – Doja Cat

Pasti kamu gak asing sama lagu ini kan? Sempat hits karena jadi lagu tiktok ternyata lagu ini memiliki tempo 111 BPM yang pas untuk didengarkan saat peregangan juga karena gak cukup kalau satu lagu doang! Lagu ini bisa membangkitkan motivasi kalian untuk olahraga, yey~

3. Move – Little Mix

Setelah peregangan kita lanjut pemanasan! Tempo lagu ini adalah 121 BPM bisa masuk ke dalam playlist olahraga kalian biar makin panas!


4. Don’t Start Now – Dua Lipa

Belum cukup panas? Lagu bertempo 124 BPM ini pasti pas untuk pemanasan kalian! Masukin playlist ya!


5. Applause – Lady Gaga

Nah kalau kamu pilih olahraga kardio cocok banget nih lagu ini karena tempo nya 140 BPM, mantap bukan? Lagu ini bisa bikin otot kamu makin kencang!


6. Level Up – Ciara

Udah panas udah siap mari kita tambah tempo nya jadi 152 Bpm lewat lagu ini! Cocok untuk kardio tingkat tinggi! Jaga semangatnya!


7. FANCY – TWICE

Unuk kardio tingkat sedang, kamu bisa dengerin lagu dari Twice ini karena tempo beat nya 132 BPM cocok banget! Easy listening juga nih buat yang kepo lagu K-POP!


8. Sepeda – RAN

Olahraga yang kamu pilih naik sepeda? Dengan tempo 145 BPM, lagu RAN yang satu ini sesuai dengan judulnya, cocok untuk didengerin saat olahraga sepeda!


9. Holocene – Bon Iver

How About Yoga? Buat kamu yang milih olahraga yoga bisa sambil dengerin lagu dari Bon Iver ini! Tempo lagu ini 146 BPM tapi benar-benar menenangkan dan bisa bantu kalian untuk fokus!


10. Fool’s Gold – Niall Horan (At RAK Studios London Acoustic Version)

Lagu dengan tempo 128 BPM ini cocok untuk bagian pendinginan! Versi yang dinyanyikan ulang oleh Niall Horan tentunya bikin kamu rileks sehabis olahraga~


Jangan lupa hal terpenting dari ini semua adalah volume lagu yang kamu putar ya! Jangan terlalu keras selain nantinya merusak pendengaran, kalau olahraga di tempat umum harus diatur supaya tetap bisa awas dengan suara-suara lalu lintas ok? ok.


Selamat berolahraga! Jaga terus kesehatan kamu dan kalau mulai capek istirat dulu sans aja guys~ Untuk lebih mudahnya, kita udah menyatukan semua lagu di atas ke dalam playlist bernama Penjaskes di Spotify, bisa dicek dan di-follow ya!




Beres olahraga butuh yang seger-seger kan? tapi tetap harus yang sehat ya guys! Bisa cek ulasan minuman yang kaya vitamin dan cocok diminum abis olahraga banget disini!


artikel oleh : Aini Rahmi Mutia

playlist oleh : Aini Rahmi Mutia

gambar oleh : getty images

32 views0 comments

Comments


bottom of page