top of page
  • Writer's pictureBPJS

CEGAH ALZHEIMER DENGAN KOPI? INILAH 5 MANFAAT KOPI BAGI KESEHATAN



Penyakit Alzheimer adalah salah satu penyakit saraf otak yang mengakibatkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan bicara, serta perubahan perilaku secara bertahap. Penyakit inimerupakan penyakit yang paling banyak diderita di dunia, biasanya ditemukan pada orang-orang di atas 65 Tahun. Penyebab pasti penyakit ini masih belum diketahui. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan, namun dapat dicegah. Selain mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, menjaga berat badan tetap ideal, rutin berolahraga dan berhenti merokok adalah dengan mengonsumsi Kopi dalam jumlah yang tepat dan rutin dapat menekan Alzheimer hingga lebih dari 50 persen. Selain dapat mencegah Alzheimer, Berikut 5 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan.

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Kopi memiliki kandungan Kafein. Saat Anda meminumnya, kafein akan masuk ke dalam darah dan berjalan ke otak. Setelah sampai ke otak, kafein akan mengaktifkan saraf serta hormone-hormon yang dapat meningkatkan berbagai fungsi otak, seperti daya ingat, suasana hati, hingga fungsi mental secara umum.

2. Menurunkan Risiko Munculnya Diabetes

Manfaat ini bias didapatkan ketika anda meminum kopi sekitar empat gelas kecil perharinya. Sebab kopi hitam disebutkan dapat mengurangi risiko Anda terkena diabetes tipe 2.

3. Menekan Risiko Munculnya Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson adalah penyakit saraf yang menyebabkan penderita kesulitan mengatur gerakan tubuhnya, termasuk saat berbicara, berjalan, dan menulis. Penyakit ini karena saraf yang memburuk secara bertahap dan mempengaruhi bagian otak yang berfungsi mengkoordinasikan gerakan tubuh. Penyakit ini dapat ditekan risiko kemunculannya hingga lima kali lipat dengan mengonsumsi Kopi sebanyak empat gelas perharinya. Kafein yang ada di kopi juga mampu membantu penderita Parkinson dalam mengontrol pergerakan tubuhnya.

4. Menekan Risiko Kanker Hati

Kanker Hati terjadi ketika sel-sel di dalam hati bermutasi dan membentuk tumor, kanker ini juga dapat menyebar ke organ lain di tubuh. Manfaat minum kopi dapat menurunkan risiko Kanker Hati hingga 40 persen. Bahkan, meminum kopi sebanyak tiga gelas per harinya dapat menekan risiko Kanker Hati Hingga 50 persen. Namun diperlukan penilitian lebih lanjut. Perlu diingat bahwa jumlah kopi yang diminum, jenis, serta kondisi tubuh juga berpengaruh pada naik atau turunnya risiko Kanker.

5. Menurunkan Risiko Stroke

Stroke yang umum diketahui disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di otak. Namun selain itu masih banyak penyebab dan faktor lain yang dapat memicu stroke. Wanita yang rutin meminum kopi dalam jumlah cukup disebut memiliki risiko lebih rendah terkena stroke. Manfaat minum kopi ini tetap bias didapatkan, meski di sisi lain, konsumsi kafein dapat meningkatkan sedikit tekanan darah.* Ditulis oleh: Ghufran Al Raja

5 views0 comments

Comentarios


bottom of page